Minggu, 28 Oktober 2012

Distro Online


Distro online merupakan salah satu trend bisnis baru yang memanfaatkan Internet.  Semenjak Facebook menjadi bagian dari hidup manusia modern, pelaku bisnis pun mulai melirik jaringan sosial ini. Pengguna Facebook mencapai lebih dari 200 juta orang, angka sebesar ini merupakan pasar potensial dan merupakan peluang bisnis yang perlu digarap serius.  Tak pelak sejak lima tahun terakhir ini, bermunculan bisnis yang memanfaatkan Facebook dan Twitter. Hebatnya pelaku bisnis model begini rata-rata dari kalangan anak muda, dan konsumennya pun tak terbatas dari anak muda saja.  

Bisnis Kaos Distro Online

Bisnis kaos distro online memang terbilang menjanjikan. Anda bisa mendapatkan uang sebesar-besarnya hanya dengan duduk di depan PC yang terhubung dengan jaringan internet. Namun, bisnis ini tentu saja tidak dapat dilakukan semudah membalikkan telapak tangan. Anda tetap harus memiliki keahlian mendesain, bernegosiasi (meski lewat maya), dan membaca peluang pasar.
Pada tahap awal, kaos distro online Anda boleh jadi kurang mendapatkan respon positif dari konsumen. Namun, Anda sebaiknya tidak menyerah karena itu baru tahap permulaan. Evalusilah sistem serta persediaan barang, siapa tahu ada kesalahan. Setelah pangkal kesalahan ditemukan, lakukan langkah efektif dan inovatif untuk menjaring konsumen.
Bagi Anda yang tertarik untuk membuka bisnis kaos distro online, berikut ini merupakan tips dan trik sederhana yang dapat dipraktikan.
1. 5K 
Saat memutuskan untuk membuka bisnis kaos distro online, Anda harus memiliki modal utama selain persediaan barang. Modal utama non capital  adalah 5K  yaitu :
  • Ketekunan
Membikin usaha menjadi sukses itu tak gampang, perlu ketekunan dalam menjalankan usaha. Tekuni terus apa yang bisa Anda kerjakan, jangan mudah menyerah dengan keadaan. Masalah yang terkadang menghadang  laju bisnis Anda,  anggap saja sebagai pelajaran menuju hal yang lebih baik.  Semua entrepreneur sukses, awal mulanya menjalani bidang usahanya dari ketekunan dan kesebaran.
Musuh dari ketekunan adalah kejenuhan, inilah penyakit yang bakalan menggrogoti pondasi bisnis Anda.  Sebenarnya rasa jenuh itu wajar, dan bisa menyerang siapa saja. Apa lagi Anda yang tiap hari bergelut dengan bisnis, tiap hari yang dihadapi hanya itu-itu saja.  Meredakan jenuh bisa diatasi dengan refreshing, istirahat sejenak dari rutinitas.
  • keuletan
Keuletan bersanding dengan ketekunan menjadi modal non capital yang harus dipunyai pada bisnis online.  Misalnya  Anda harus ulet mempelajari segala trouble shooting pada perangkat lunak atau software. Bisnis online cenderung menyimpan potensi problem lebih banyak dari pada bisnis konvensional. Bisnis ini sangat tergantung dengan stabilitas koneksi, hardware dan suplay listrik.
Di sinilah dibutuhkan keuletan mempelajari bagaimana mencari jalan keluar dari kemungkinan masalah yang ditimbulkan dari elemen tersebut. Jangan pernah bosan bertanya kepada siapa saja yang ahli dengan masalah IT dan hardware komputer. Sebisa mungkin Anda bisa membetulkan sendiri kerusakan pada media bisnis Anda, karena sejatinya bisnis online adalah usaha mandiri yang bisa dikerjakan sendiri tanpa tergantung dengan pihak lain.  
  • Kesabaran
Mencari konsumen di media sosial tak bisa dilakukan secara instant. Butuh waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan dan kesabaran memromosikan produk anda kepada calon konsumen. 
Apapun yang dilakukan dengan sabar pasti hasil baik.    Selama menunggu respon dari konsumen sebaiknya tetap saja mengupdate produk Anda secara berkala di jaringan sosial seperti FB, twitter dan blog. Jangan pernah bosan untuk mencari cara lain yang inovatif untuk promosi di internet. Setelah Anda merasa cukup banyak melakukan iklan, tunggu dengan sabar respon pelanggan.
  • kerja keras
Ketika membangun usaha sendiri, salah satu modal utamanya adalah kerja keras.  Masa-masa awal mendirikan distro kaos di FB harus kerja ekstra keras dan ulet memromosikan usahanya kepada teman-teman di FB.   Apapun jenis usaha yang digeluti dengan kerja keras hasilnya memuaskan dan tak cepat hilang.  
Namun jika bisnis dikerjakan hanya setengah-setengah saja dan hanya asal-asalan saja, hasilnya pun tak maksimal.  Dan tentu jangan berharap mendapatkan omzet besar dengan cara dagang seperti ini.  
  • Kejujuran
Yang terakhir, kejujuran, merupakan modal utama yang paling dibutuhkan dalam sebuah bisnis.  Sikap jujur kepada siapapun berdampak kepercayaan dari konsumen terhadap produk dan usaha Anda.  Tahukah Anda kepercayaan adalah segalanya di dalam dunia bisnis.
Meskipun berniat mencari keuntungan, Anda tetap harus bersikap jujur dalam bisnis. Jika Anda berpikir bahwa kejujuran menjauhkan usaha dari keuntungan, itu salah besar. Mengapa demikian? Anda tentu sangat paham bahwa rezeki sudah ada yang mengatur, yaitu Tuhan. Jadi, jangan khawatir tidak mendapatkan keuntungan jika Anda telah melakukan sesuatu dengan jujur.
2. Waspada Menjawab Pertanyaan Konsumen 
Ingat, salah satu hal penting dalam sebuah bisnis adalah kewaspadaan menjawab pertanyaan konsumen yang kurang berkenan atau pertanyaan yang memang tidak penting dijawab. Sebagai solusi, Anda bisa menjawab, “Maaf, Pak! Itu rahasia dapur.” Jika enggan menjawab, sebaiknya Anda diam saja. Ya. Diam lebih baik./p>
Akan tetapi, diam bukan berarti Anda tidak jujur atau membohongi konsumen. Diam dalam hal ini merupakan sebuah bentuk penyelamatan masa depan bisnis Anda. Contoh pertanyaan konsumen yang tidak perlu dijawab, “Barang ini ngambil dari mana ya?” atau pertanyaan lain sejenis. Ketika mendapat pertanyaan semacam ini, Anda cukup menjawab, “Maaf, Pak! Ini rahasia dapur.”
Berbeda halnya jika ada konsumen yang menanyakan hal-hal penting. Misalnya, bertanya mengenai kualitas barang, jenis, dan model. Untuk pertanyaan semacam ini, Anda harus memberikan jawaban sejelas-jelasnya. Jawaban yang jelas akan membuat konsumen merasa puas. Dengan demikian, diharapkan mereka akan membeli barang Anda.
3. Lakukan
Dalam memulai sebuah bisnis, hal yang paling penting adalah implementasi. Jadi, jika Anda berencana membuka usaha kaos distro online, segera lakukan. Jangan biarkan rencana itu berkembang hanya dalam angan-angan. Jika tidak segera dimulai, kemungkinan besar Anda hanya akan menjadi penonton atas keberhasilan rekan-rekan Anda yang telah bergerak lebih dahulu.
Kecepatan dalam mewujudkan gagasan adalah strategi dalam bisnis yang harus Anda pelajari. Siapa cepat memanfaatkan peluang itulah yang akan menjadi pemenang yang menguasai pasar. 

Langkah –langkah menjalankan bisnis online

Walaupun bisnis online via Facebook terlihat mudah ternyata, dibalik semua itu ada persiapan yang membutuhkan perhatian besar. Perencanaan dan pengadaan modal merupakan dua hal penting yang harus diperhatikan. Berikut ini ada langkah persiapan membuat bisnis baju distro melalui media facebook ;
  • Siapkan modal
Modal merupakan unsur penting saat menjalankan bisnis. Modal yang menggerakan laju usaha Anda, maka dari itu harus disediakan terlebih dahulu. Sumber modal untuk bisnis distro bisa dari tabungan sendiri, atau diperoleh dari menjual asset pribadi.  Bisa juga meminjam dari bank, koperasi simpan pinjam dan masih banyak lagi sumber pembiayaan.  
Bisnis fashion via online sebenarnya tak perlu sekaligus mengeluarkan modal yang banyak.  Pemakaian modal bisa bertahap saja, tergantung volume pesanan dari konsumen saja.
  • Susun flow chart shopping
Langkah kedua adalah merancang alur  cara memesan belanja untuk konsumen atau dalam istilah bisnisnya flow chart shopping.  Bikinlah alur yang simple dan mudah agar konsumen tak bingung mesannya. Ada sejumlah saluran untuk order produk antara lain via privat message, sms atau email. Ketiga opsi itu bisa dipakai bersama-sama, dangan satu format. Yakni kode barang, item, nama pemesan, alamat dan no telpon.
  Barang bisa dikirim setelah konsumen menransfer uang sejumlah harga produk plus ongkos kirimnya, ke rekening Anda.  Nah baru kemudian kirim paket ke perusahaan ekspedisi swasta atau ke kantor pos.   
Flow chart shopping ini sebaiknya masuk dalam agenda promosi rutin, agar konsumen mengerti bagaimana cara membeli produk di toko online Anda.
  • Belanja produk
Tahap selanjutnya adalah belanja produk fashion di produsen garment yang khusus memroduksi baju-baju distro.   Beli secara grosir lebih murah dari pada eceran.  Atau kalau bisa Anda sendiri yang mendesain baju-bajunya kemudian dijahit pada tukang jahit dengan spesifikasi kain, ornament yang Anda pilih sendiri.  
  • Foto setiap item produk
Tahap berikutnya adalah memotret semua produk Anda ke dengan kamera digital kemudian langsung upload ke Facebook berserta diskiripsi produk dan harganya. Tandai juga produk-produk dengan kode khusus agar mudah dimengerti oleh konsumen.
Itulah tips sederhana untuk membuka bisnis kaos distro online melalui jejaring sosial facebook atau media online lain. Semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar